Pemko Bukittinggi Komitmen untuk Keterbukaan Informasi Publik

  • Whatsapp

Asisten Ekonomi Pembangunan Ismail menyatakan, Kota Bukittinggi siap menjadi yang terdepan dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

Hal itu disampaikan Ismail saat kegiatan Bimbingan Teknis Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik, Kamis 20 Juni 2019 di Hall Balaikota Bukittinggi.

Baca Juga

Bimtek yang diselenggarakan Komisi Informasi Sumatera Barat tersebut dihadiri sekitar 150 peserta dari Kabupaten dan Kota, instansi vertikan, BUMN dan BUMD se-Sumatera Barat.

Ismail meyakini, lancarnya arus informasi antara pemerintah dengan masyarakat, maka pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah akan berjalan sesuai dengan rencana dan yang terpenting adalah mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan stakeholder kota.

Ia juga berharap Bimtek ini dapat menjadi momentum bagi Bukittinggi untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan informasi publik.

“Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mewujudkan Sumatera Barat dan Bukittinggi sebagai daerah yang informatif,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumatera Barat, Alwis mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi badan publik se-Provinsi Sumatera Barat, terutama dalam hal mewujudkan keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

“Sosialisasi ini merupakan tahapan awal dalam menghadapi pemeringkatan keterbukaan informasi publik tahun 2019 di tingkat nasional”, terangnya.

Alwis menyampaikan komitmen pemerintah Sumatera Barat untuk mendukung upaya menjadikan provinsi yang informatif.

“Kita akan memberikan dukungan baik dalam hal infrastruktur maupun penganggaran agar pengelolaan dan pelayanan informasi berjalan dengan baik”, ungkap Alwis.

Selain itu, Ketua Komisi Informasi Sumbar Adrian Tuwandi mengatakan, Bimtek ini merupakan awal dari tahapan pelaksanaan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pada badan publik. Dengan acara puncak berupa pemerian Anugrah Pemeringkatan Badan Publik.

Ia berharap peserta Bimtek yang merupakan PPID Utama pada badan publiknya, dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga nanti pada tahapan pemeringkatan dimulai, badan public dapat memaksilmalkan potensi yang dimiliki.

“Pada dasarnya, mitra utama Komisi Informasi, adalah PPID Utama. Penilaian akan dilakukan pada lima aspek yaitu, bagaimana badan publik melalui PPID mengumpulkan informasi publik, mengelola informasi publik, memberikan pelayanan informasi secara manual maupun melalui website, dan mempublikasikan informasi publik,” kata Adrian.

Berita Terkait