Jasa Raharja Bukittinggi Salurkan 7,6 Miliar Santunan pada Kuartal I 2019

  • Whatsapp

Pada periode kuartal pertama tahun 2019, PT Jasa Raharja Perwakilan Kota Bukittinggi telah menyalurkan Rp 7,6 miliar santunan kecelakaan pada delapan wilayah kerjanya yang ada.

Kepala Jasa Raharja Bukittinggi, Nur Akbar mengatakan, santunan diberikan bagi korban kecelakaan meninggal dunia, luka-luka, cacat tetap hingga pemakaman.

Dikatakan Nur, periode Januari hingga April 2019, adapun rincian santunan itu, diantaranya santunan bagi kecelakaan yang meninggal mencapai Rp 5,02 miliar, korban luka-luka sebesar Rp 2,5 miliar, cacat tetap Rp 73,5 juta dan biaya pemakaman untuk yang tidak memiliki ahli waris sebesar Rp 24 juta.

“Umumnya kecelakaan yang terjadi adalah kecelakaan lalu lintas di jalan. Ada satu kasus kecelakaan angkutan umum yang juga kami bayarkan santunannya,” kata Nur dikutip dari Antara.

Lanjut Nur, dalam memberikan layanan bagi korban kecelakaan, pihaknya mengaku bertindak lenbih aktif, seperti mendatangi lokasi kejadian maupun menemui korban atau keluarga korban secara langsung.

Pihaknya juga menjalin koordinasi dengan bagian unit laka lantas pada kepolisian di daerah guna mendapatkan informasi kecelakaan lalu lintas. Kemudian, selanjutnya, Jasa Raharja akan turut mendatangi lokasi kejadian guna untuk memperoleh informasi.

“Jadi kerjanya harus lebih aktif, tidak hanya menunggu laporan kecelakaan dari korban atau ahli warisnya agar secepatnya santunan bagi korban dapat diserahkan,” jelas Nur.

Adapun santunan bagi korban meninggal diberikan oleh Jasa Raharja sebesar Rp 50 juta, korban luka-luka maksimal Rp 20 juta, cacat tetap maksimal Rp 50 juta dan biaya pemakaman Rp 4 juta.